4 Daerah Ekonomi Kreatif diFasilitasi Bekraf
4 Daerah Ekonomi Kreatif diFasilitasi Bekraf

Daerah Ekonomi Kreatif – Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Hari Santosa Sungkari menuturkan bahwa ada empat daerah dengan ekosistem ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Bekraf akan memfasilitasi empat daerah tersebut dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari program dari penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I). Hal ini bertujuan melakukan-top down process terhadap hasil uji petik dari PMK3I.

Empat Kabupaten/Kota yang berpotensi menjadi pendorong peningkatan ekonomi kabupaten/kota-nya yaitu Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Palembang, dan Kota Malang.

Setelah melalui beberapa proses seleksi yang telah melibatkan tim penilai internal Bekraf dan para pakar/praktisi/profesional telah terpilih lah 10 daerah Kreatif Indonesia 2019.

Pada tahun 2019 ini, Bekrag hanya bisa memberi fasilitas untuk kab/kota. Dan rencananya pada tahun-tahun kedepannya pemilihan kab/kota kreatif ini akan terus memperbarui kategori pemilihannya.

Pembangunan kota kreatif di 2019 ini juga mempertimbangkan dari sudut tipologi wilayah daerah tersebut.

Sebagai contohnya daerah Palembang, daerah tersebut sangat berpotensi sebagai kota kreatif di bidang kuliner. Selain itu sebagai contohnya yaitu daerah Malang, daerah ini berpotensi sebagai kota kreatif aplikasi dan pengembang permainan(game).

4 Daerah Ekonomi Kreatif diFasilitasi Bekraf
Salah Satu Program dari Bekraf bidang pengembangan game(permainan)

Dalam pemaparan beberapa waktu yang lalu, Walikota Malang Sutiaji membeberkan mengenai RPJMD 2018-2023 yaitu mewujudkan kota produktif dan berdaya saing dengan berbasis ekonomi kreatif (Future of Malang).

Kemudian Bupati Majalengka H.Karna Sobahi memaparkan mengenai rencana untuk membuat sebuah komite ekonomi kreatif serta peningkatan kerja sama di bidang ekraf baik nasional dan internasional. Majalengka ini sendiri memiliki sebuah kunggulan dalam subsektor seni pertunjukkan.

Selanjutnya, Bupati Kartanegara memaparkan mengenai peta jalan The Festive of Kukar 2019-2021 dengan memperkuat ekosistem ekraf Kukar.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo memaparkan, mengenai rencananya dalam membentuk Forum Kreatif Palembang dan telah memasukkan ekonomi kreatif pada misinya.

Pemilihan dan penetapan kab/kota kreatif Indonesia 2019 bukan untuk mendeklarasikan sebuah kreatif kab. dan kota.. Melainkan sebagai bentuk dorongan agar kab/kota lainnya berupaya keras dan cerdas agar bisa mewujudkan ekonomi kreatif yang kuat.

Empat Kabupaten/kota tadi akan didampingi oleh Bekraf sampai akhir 2019 ini. Pengevaluasian 4 Kab/Kota tadi akan dilakukan pada tahun berikutnya. Apabila gagal maka status tersebut akan dicabut.

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Ekonomoi Kreatif Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2019 Tentang Kabupaten/Kota, Daerah Ekonomi Kreatif Indonesia Tahun 2019 diantaranya :

  1. Kabupaten Majalengka
    Sub sektor seni sertunjukan;
  2. Kota Malang
    Seb sektor aplikasi dan pengembangan Permainan (game);
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara
    Sub sektor seni pertunjukan;
  4. Kabupaten Palembang
    Sub sektor kuliner;
  5. Kabupaten Rembang
    Sub sektor Kriya;
  6. Kota Surakarta
    Sub sektor seni pertunjukan;
  7. Kabupaten Semarang
    Sub sektor fesyen;
  8. Kabupaten Gianyar
    Sub sektor seni pertunjukan;
  9. Kota Denpasar
    Sub sektor fesyen;
  10. Kota Balikpapan
    Sub sektor aplikasi dan game.

Pada sebelumnya, Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) bersama dengan Kementrian hukum dan Ham beserta Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan menyerahkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (KHI) secara simbolis kepada 12 pelaku ekonomi kreatif. Fasilitas HKI ini juga merupakan salah satu program unggulan dari Bekraf yang juga jadi perioritas nasional Indonesia.

Sejak dari tahun 2016, Bekraf sudah memberikan Fasilitas Pendaftaran HKI kepada 5,671 pelaku ekonomi kreatif yang ada di 35 kota. Bersamaan dengan hal itu, Bekraf juga telah bersosialisasi di lebih dari 80 kota yang berbeda di 34 provinsi.

Selain itu, mereka juga memfasiiltasi 5,671 pelaku ekonomi kreatif tersebut.

Salah satu tujuan pemberian HKI adalah mengoptimalkan pemahaman kepada pemilik sertifikat HKI bahwa sertifikat tersebut merupakan bukti kepemilikan dan bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalan komersialisasi HKI.

Sertifikat yang telah diserahkan berjumlah kurang lebih 69 sertifikat merek dan 1 sertifikat desain industri.

Selain sertifikat HKI, juga di serahakan akta penderian badan hukum PT(Perseroan Terbatas) kepada 10 unit usaha ekonomi kreatif sebagai perwakilan dari 95 unit usaha ekonomi kreatif yang difasilitasi oleh Bekraf.

Baca Artikel Lainnya :