Cara Bisa Bebas Hutang Gaji Minim

Hanya dengan Cara Ini Bebas Hutang Meski Gaji Minim

Dengan cara ini anda bisa bebas hutang walau gaji minim – Biasanya, orang dengan pendapatan yang pas-pasan lebih rentan untuk berutang dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan harian.

Lebih Lanjut Mengenal Mengenai Hutang : Wikipedia

Menghilangkan godaan untuk mengajukan pinjaman ketika pendapatan minim memang sulit. Ditambah naiknya harga kebutuhan harian serta banyaknya tagihan yang harus dibayar.

Salah satu cara membuat kita terbebas dari hutang dengan mengelola keuangan yang baik. Berikut adalah cara mengelola keuangan secara efektif :

Pertama, Bersedekah

Bersedekahlah, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

bersedekah agar bebas hutang
source : google.com

Cara untuk mensucikan harta yaitu dengan bersedekah. Hal ini karena dalam islam 2.5% dari rezeki Anda ada hak orang lain di dalamnya. Oleh karena itu, sisihkan pendapatan untuk membantu orang yang lebih membutuhkan.

Jika anda bersedekah niscaya anda mendapatkan hidayah, rezeki, dan balasan yang melimpah dari Allah SWT. Sehingga Anda dapat membayar hutang anda.

Kedua, Anggarkan Pengeluaran Seminimal Mungkin

Cara termudah agar sirkulasi keuangan tetap terkontrol dan Anda dapat bebas hutang adalah menekan pengeluaran (minimalis).

Dengan gaji yang minim bukan berarti mengurangi kebiasaan berbelanja barang baru. Tetapi dengan menggunakan barang lama atau membeli barang yang seangat diperlukan saja.

Anda bisa menyortir benda yang ada di rumah anda yang masih bisa di pakai. Anda bisa mendonasikan atau bisa menjual kembali barang tersebut.

Ketiga, Berhemat hemat dan Berhemat

Mengelola keuangan sesuai dengan anggaran yang dibuat perlu diimbangi dengan kebiasaan berhemat. Anda bisa mengganti kebiasaan di waktu luang.

Selain itu anda bisa mengurangi kebiasaan membeli makan di luar. Tetapi tetap memperhatikan gizi secara lengkap.

Cara lain agar tetap berhidup hemat adalah dengan fokus pada tujuan dan alasan yang membuat anda berhidup hemat. Misal : hemat untuk keluarga, masa depan, nikah, dll.

Keempat, Mulai Berinvestasi syariah

Menghindari berutang di masa datang dapat dengan cara berinvestasi sejak dini. Zaman ini juga ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih dengan modal yang minim.

Investasi syariah dapat memberikan Anda keuntungan yang banyak.

Baca Juga : Tips Ampuh Berinvestasi Syariah di 2019

Jangan mencoba untuk memaksakan diri anda untuk menggunakan sebagian besar gaji. Apalagi hingga membuat keperluan harian menjadi tidak terpenuhi.

Berikut ini beberapa manfaat dari investasi syariah yaitu :

  1. Investasi sesuai syariat Islam, Bebas riba
  2. Lebih aman
  3. Didukung aturan perundang-undangan
  4. Tak hanya untuk secara finansial tapi juga secara sosial
  5. Dan juga anda bisa berivestasi sekaligus bersedekah

keempat, Kenali Kemampuan Keuangan Anda dengan Baik

Dalam pengelolaan keuangan, akan sangat tepat apabila mengenali kemampuan keuangan Anda dengan baik. Sehingga Anda bisa memahami cara untuk mengendalikan dan mengelolanya. Upayakan untuk tidak memiliki utang. Jika sudah terlanjur memilikinya, maka mulailah melakukan pelunasan sejak sekarang. Pola hidup hemat juga akan membantu hidup bebas dari utang.

Kelima, Cari kerja sampingan

Nah, biar makin ringan buat melunasi hutang, Anda bisa mencoba kerja sampingan.

Ada kemauan, di situ ada jalan. Anda bisa mencoba berbagai pekerjaan sampingan yang bahkan gak butuh modal. Contohnya, jika Anda memiliki kemampuan bermain musik, Anda bisa tawarkan les privat ke orang lain.

Anda harus kurangi waktu untuk bersantai atau nongkrong. Tetapi Percayalah, hutang kamu akan lebih cepat lunas.

Terakhir, Mulai Hidup Sederhana

Cara terakhir yang harus Anda lakukan agar bisa bebas hutang adalah mengorbankan kebiasaan belanja.

Temukan berbagai cara untuk menghemat keuangan setiap bulan. Sehingga Anda bisa menyimpan dana tersebut untuk melunasi hutang yang Anda miliki.

Selain itu, beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memasak makanan sendiri di rumah. Anda tidak perlu membeli makanan di luar yang bisa menghabiskan lebih banyak uang yang Anda miliki.

Potong pengeluaran yang tidak Anda perlukan, misalnya tidak menggunakan TV berbayar atau langganan di pusat kebugaran.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaran umum atau bersepeda untuk berangkat dan pulang bekerja dan beraktivitas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara paling efektif agar Anda bisa bebas hutang banyak walau gaji minim.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk Anda!

Selamat Mencoba!

Baca juga : Etika Berhutang dalam Islam