2 Cara Agar Finansial Aman Dan Nyaman

0
63
2 Cara Agar Finansial Aman Dan Nyaman

Ingin tahu cara agar finansial anda aman dan nyaman ? Yuk simak artikel ini baik-baik.

Finansial, mendengar kata itu tentunya kita langsung berpikir tentang diang ekonomi. Sebuah kata yang sering muncul di bidang ekonomi. kata finansial sendiri berasal dari bahasa inggris yakni “finance”. secara mudahnya saja bisa diartikan sebagai keuangan.

Nah sebenarnya apa itu finance ini ? Ada beberapa aspek yang mencakup tentang hal ini. Yaitu ilmu keuangna dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset dan menghitung dan mengatur risiko proyek.

Ini berarti juga mempelajari kemampuan individu , bisnis, dan organisasi untuk mengelola, mengalokasikan, meningkatkan juga menggunakan sumberdaya moneter yang searah dengan waktu serta menghitung resiko dan dapat menentukan prospek.

2 Cara Agar Finansial Aman Dan Nyaman

Finansial ini tergantung pada manajemen yang baik, terkendali atau terkontrol, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang bersangkutan. Yang pada intinya dapat diartikan segala hal yang meliputi perputaran dan pengelolaan uang yang singkat.

Dari dua pengertian finansial tersebut kemudian muncul istilah yang mengandung kata finansial dan berkembang dalam bidang ekonomi.

lebih menarik kilik disini : https://www.ktinpremium.com/

Nah untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sumber daya finance dan keberlanjutan yang mapan kita perlu mengelola secara benar benar semua sumber sumber pendanaan dan pembiayaan dalam suatu strategi yang perlu dalam organisasi.

Kenapa harus mempunyai strategi..?

Kebanyakan organsisai mndapatkan peasukan dari sejumlah sumber pendanaan dan pembiayaan yang berbeda, yaitu dari donasi, hibah, dan pemasukan yang dihasilkan dari perdagangan. Strategi finansial ini berasal dari misi anda.

Langkah pertama adalah untuk mendifinisikan dengan jelas apa misi anda dan rencana anda untuk mencapai misi anda sebelum mempersiapkann anggarannya.

Apa yang jadi misi anda..?

Misi adalah suatu deklarasi singkat tentang tujuan dan nilai-nilai perusahaan atau organisasi suatu alsasn kenapa ia ada. Dengan langkah yang telah jelas, anda bisa menciptakan rencana kerja yang sangat detail untuk menguraikan aktivitas-aktivitas operasional yang dibutuhkan untuk mencapai setiap tujuan.

Ini akan membantu anda bahwa misi dan tujuan finansial anda adalah saling melengkapi satu sama lain dan tidak saling bertentangan.

Apakah anda sudah mendapat keamanan finansial ? keamanan finansial ialah seseorang dapat mencukupi keutuhan dan pengeluaran selam 1tahun kedepan. Didalam piramida keuangan, keamanan finansial terbagi dalam 2 blok pondasi piramida.

Strategi untuk dapat mencapai keamanan finansial antara lain :

Membuat dan menjalankan anggaran. Adanya anggaran keuangan, anda akan memiliki kontrol atau kendali terhadap keuangan. Buatlah cacatan keuangan, mulai dari pemasukan harian sampai peneluaran harian. yan perlu diingat pisahkan antara pengeluaran pribadi dengan pengeluaran usaha.

Punya dana darurat (emergency fund) sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Punya uang pertanggungjawaban asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan. Dengan keempat hal tersebut, seseorang entrepenuer seperti and bisa mencapai keamanan keuangan.

Nah bagaimana caranya..?

Catat laporan keuanganmu secara rutin. hitung kebutuhan dana darurat, hitung kebutuhan dana asuransi jiwamu, setelah itu dari produk asuransi yang memenuhi kebutuhan anda.

Nah setelah kamu melakukan hal diatas, kamu sudah mempunyai gamabaran jelas cara mengatur keuangan. Setidaknya kamu menuju jalan keamanan finansial.

Kenyamanan Fianansial

Setelah mendapatkan keamanan finansial, langkah selanjutnya yaitu tentang kenyamanan finansial. Kenyamanan finansial adalah seseorang dapat mencukupi kebutuhan dan pengeluaran jangka menengah dan panjang atau lebih dari 2tahun.

baca juga : https://www.ktinpremium.id/manfaat-tanaman-binahong/

Strategi untuk mencapai kenyamanan finansial adalah mulai lah membuat rencana keuangan (planning financial). anda bisa menggunakan jasa keuangan atau beli sendiri. Lalu tentukan tujuan keuangan pertama anda dan mulai hitung kebutuhannya.

Jangan sampai lupa rencanakan pensiun. Pernahkah kamu terpikirkan seorang pengusaha pensiun. Setiap orang atau enterpreneur berhak untuk mendapatkan pensiun.

Biarkan uang kamu bekerja sendiri dengan cara berinvestasi. Siapkan warisan untuk anak cucu kamu, dan jangan sampai usaha yang kamu bangun menjadi berantakan akibat dari rebutan warisan oleh anak cucumu.

Gunakan asset anda sebaik mungkin. kelola dengan baik, benar dan tepat. dengan pengelolaan yang baik maka keuangan anda akan tetap aman dan nyaman, supaya masa depan anda lebih cerah dan bahagia untuk anak cucu anda.