5+ Khasiat Daun Pepaya yang Harus di Ketahui!

0
117
Manfaat Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya

Mari Kita Bahas Khasiat Daun Pepaya yang sebaiknya Anda Ketahui


Buah yang berasal dari meksiko ini sangat tumbuh subur di negeri zamrud khatulistiwa. rasa manis pada buahnya sangat digemari penduduk tropis, tak kalah juga dengan daunnya, meskipun rasa daunnya yang sangat pahit, khasiat daun pepaya yang banyak manaatnya bagi tubuh kita. Dari mengobati hingga mencegah penyakit yang berbahaya sekalipun.

Sebagian orang memang menghindari rasa pahit pada makanan. Padahal rasa pahit tersebut terkadang mengandung zat yang baik bagi tubuh manusia. Tak terkecuali rasa pahit yang ada pada daun pepaya.

Khasiat daun pepaya
khasiat daun pepaya

Walaupun memiliki rasa pahit, daun ini bisa diatasi saat mengolahnya menjadi sayur, sehingga banyak yang menyukainya. Rasa pahit yang ada pada daun inilah yang mempunyai sejuta khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan yang ada pada daun pepaya memliki tocophenol sebanyak 25mg dalam setiap 100mg daun. Sedangkan daun pepaya yang masih muda mengandung enzim papain.

Enzim papain ini biasanya identik dengan getah berwarna utih kental yang memiliki fungsi untuk memecah protein karena bersifat proteolithik.

Kunjungi hal yang lebih menarik disini : https://www.ktinpremium.com/

Sedangkan daun pepaya tua mengandung senyawa fenolik. Tapi sercara umum daun pepaya mengandung papain 10%, khimoprotein 45%, dan lisozin 20%. Enzim kimooprotein ini akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisiis antara poplipetida dan protein. Sedangkan enzim lizisim merupakan zat anti bakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Di lain sisi, rasa pahit daun pepaya disebakan oleh kandungan alkaloid karpain yang sngat efektif menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.

Berikut ini beberapa Khasiat daun pepaya :

Penambah nafsu makan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah mengatasi masalah anak yang susah makan. tumbuk daun dan kemudin sharing ambil airnya air ini yang dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan pada anak.

Melancarkan ASI

Bagi ibu yang baru saja melahirkan atau yang sedang menyusui, manfaat daun pepaya yaitu untuk melancarkan ASI. Dengan cara adalah menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, lalu tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Adanya kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. konsumsi sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai macam sajian yang anda sukai.

Mengobati Nyeri Haid

Bagi perempuan mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan daun pepaya dapat meredakannya.pakailah satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam, rebus hingga matang. tunggu beberapa saat, Minumlah air rebusan tersebut.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pepaya yang bergizi ini banyak mengandung nutrisi yang kuat dan penting yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentengi tubuh terhadap penyakit, kuman, dan infeksi. Daun pepaya bisa mencegah penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun pepaya juga bisa menurunkan darah tingg. cari lima lembar daun pepaya lau rebus dengan setengah liter air. setalah matang diamkan sebentar, lalu Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan gula tau madu sebagai pemanis.

Mencegah Penyakit Kanker

Batang daun pepaya juga mengandung getah putih seperti susu (white milky latex). Liquid ini yang bisa berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker. Hasil penelitian ini dikutip oleh Journal Society of Biology. Getah ininsecara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika kita memakan daun pepaya dalam bentuk apa pun.

Melawan Diabetes

Daun pepaya ini juga bisa diraskan oleh penderita diabetes. yakni dalam meningkatkan sensitiitas glukosa, mengurangi kadar gulayang tinggi dang menguarangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II.

baca juga : Peluang bisnis di 2019

Sumber antioksidan yang melimpah dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah yang juga dapat mengurangi kerusakan bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan organ, kerusakan saraf, luka dan sebagainya. antioksidan ini mempercepat penyembuhan luka pada pasien diabetes dan mencegah stres oksidatif.

nah diatas bebrapa khasiat daun pepaya untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh. Meskipun pahit, yuk mulai sekarang rajin makan daun pepaya, Teman Sehat!