Pernah dengar minyak atsiri tapi nggak tahu apa manfaatnya ? Mari kita bahas…

Manfaat Minyak Atsiri – Indonesia adalah negara yang memiliki kekyayaan hayati yang sangat luar biasa banyak. berbagai uji coa pengolahan untuk meingkatkan niai jual produk tananman, terutama tanaman yang menghasilkan minyak atsiri ( essential oil).

Dari segi geografis indonesia yang sangat subur ini menghasilkan 40 dari 80 jenis minyak atsir yang diperjual belikan ke pasar dunia. Dari jumlah jenis tanaman tersebut, 23 jenis telah memasuki pasar atsiri dunia, yaitu tanaman Nilam, sere wangi, engkih, Jae, kayu manis,cendana, Melati, Akar wangi, Kenagan , Kayu manis, dan kemukus.

Minyak atsiri atau minyak eteris atau yang disebut juga dengan minyak terbang ini merupakan bahan yang mudah menguap (volatile) yang mepunyai bau mirip tananman asalnya yang diambil dari bagian tanaman seperti buah, biji, daun, akar, bunga, kulit kayu, bahkan seluruh bagian tanaman.

Minyak atsiri selain dihasilkan oleh tanaman, dapat jugal sebagai bentuk dari hasil degradasi oleh enzim atau dibuat secara sintetis. Untuk mendapatkan minyak atsiri dari tanaman tersebut ialah denga ara penyulingan. Penyulingan meruapakan proses pemisahan komponen – komponen suatu campuran dari dua jenis cairan atau lebih berdasarkan perbedaan titik uapnya dan proses ini dilakukan terhadap minyak atsiri yang tidak larut dalam air.

Berikut ini adalah metode destilasi / penyulingan untuk mendapatkan minyak atsiri ada 3 cara, antara lain :

  • Penyulingan dengan sistem rebus (Water Distillation)
  • Penyulingan dengan menggunakan air dan uap (Water and Steam Distillation)
  • Penyulingan dengan uap langsung (Direct Steam Distillation)

Potensi Minyak Atsiri

Akhir akhir ini banyak masyarakat atau konsumen banyak yang mempunyai perilaku ada kesukaan terhadap produk produk yang berbau alami. yang menjdai alasan utamanya adalah aman bagi kesehatan masyarakat dan tidak merusak lingkungan. kondisis seperti ini perlu adanya pemanfaatan seara maksimal serta dikenalkan dan merebut pangsa pasar untuk produk minyak atsiri, seperti melaui pameran tentang manfaat atau khasiat dari minyak atsiri tersebut.

Hasil dari beberapa pameran, terlihat banyak konsumen yang tertarik bahkan menyukai produk minyak atsiri baik yang digunakan untuk aroma terapi ataupun sebagai pengharum ruangan. Dari sisi lapangan pekerjaan, dengan adanya industri-industri pengolahan minyak Atsiri akan banyak menyerap tenaga kerja didaerah. selain untuk dikembangkan menjadi produk produk unggulan.

Di sini ada beberapa macam manfaat minyak atsiri, antar lain :

  1. Meningkatkan mood
    Manfaat atsiri yang pertama.. Berdasarkan penelitian tentnag minyak atsiri melati, ini dapat mingkatkan mood seseorang. Aroma yang dihasilkan membuat ladies merasa nyaman dan rileks. sehingga dapat mengurang penyakit depresi.

2. Menurunkan Stress
Minyak yang dihasilkan dari lavender yang dikenall sebaga minyak yang sederhana. Aroma yang dihasilkan membuat rasa aman dan menenangkan.apabila digunakan seara topikal, minyak ini juga dapat mengatasi iritas kulit , memar dan goresan padakulit. untuk kalangan perempuan bisa menambahkan beberapa tetes minyak atsiri llaender ini saat berendam dimaam hari sebelum tidur. Aromanya akan membuat lebih nyenyak di malam hari.

3. Meningkatkan Kualitas tidur
Aroma dari minya atsiri yang bisa memberiakn eek ketenangan bagi kebanyakan akum hawa. Ketika perempuan menghirup aroma minyak katsiri ini bisa memberikan eek ketenangan sert menghilangkan penyakit insomnia.

4. Meningkatkan energi
Apakah anda terutama wanita pernah mengalami kekurangn energi ..? Badan terasa lemah dan lemas karena berbagai hal. jika anda mengalami kekurangna energi dan membuthkan sesuatu untuk meningkatkan level enrgi , kaliann bisa mencoba minyak atsiri dari aroma kayu manis, kapulaga, ose mery, cengkeh atau melati.

5. Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat
Sering kali kita sudah kehilangan fokus saat melakukan kegiatan di tengah hari atau penghujung hari ya. Tubuh merasa sedikit lelah sehingga fokus dan daya ingat semakin menurun. Hal-hal yang baru kita lakukan bisa saja kita lupakan tanpa sadar.

Jangan khawatir dulu. Kalian bisa mencoba meningkatkan fokus dengan menghirup aroma dari beberapa minyak atsiri. salaah satu aroma minyak katsiri yang mampu meningkatkan fokus ialah dari bahan pappermint serta kayu manis.

6. Mengatasi Mual
Anda merasa kurang enak badan atau merasa ingin mual mutah..? hampie semua oran ketika sudah merasa seperti itu merasa tidak nyaman. tapi tenang, bisa diatasi masalah ini dengan sangat mudah. manfaatkan minyak atsiri untuk mengurangi rasa mual dan muntah. beberapa minyak atsiri untuk mengatasi rasa mula dan muntah yaitu mint, jahr, lemon, jeruk, adas, lavender. aroma minyak in akan memberikan ketengan sehingga mmual dapat berurang.

Nah disolo raya ada properti yang berinvestasi dibidang minyak atsiri. salah satunya yaitu usaha properti K-TIN Premium, usaha properti ini menyediakan sebuah kavling juga berinvestasi di bidang minyak Atsiri. yang keuntungannya bisa dinikmati setiap tahun apabila anda membeli sebuah kaving di K-TIN PREMIUM ini.

Ktin premium ini berkantor di Jl. Kapten Mulyadi, Manggung cangakan, kab karanganyar jawa Tengah,dari disdukcapil ketimur Karanganyar 50meter.

baca juga : 6 manfaat dari daun tin

Diatas beberapa macam manfaat minyak atsiri. dan juga investasi di bidang minyak atsiri.

Segera miliki kavling di K-tin Premium agar bisa berinvestasi di bidang minyak Atsiri. kunjungi website kami klik https://www.ktinpremium.com