Apa Itu Properti Syariah ? Yuk Cari Tahu!

0
80
Apa Itu Properti Syariah ? Yuk Cari Tahu!

Apa itu properti syariah ? Apa itu bisnis properti ? Bisnis properti adalah salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia saat ini. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat bisnis ini semakin menjamur.

Untuk para developer dengan harga selangit, tentu bukan perkara sulit untuk menjalankan sebuah bisnis properti.

Cukup membeli sebidang tanah yang memiliki topografi dan letak yang strategis, mengurus perijinan, lalu mulai mendirikan bangunan perumahan di lahan tersebut.

Baca juga : Apa itu kpr

Disisi lain jumlah penduduk muslim yang d di indonesia semakin banyak membuat developer ingin mempunyai usaha properti syariah.

Nah apa itu properti syariah..?

Properti syariah adalah Jenis properti yang mempunyai sistem transaksinya dijalankan sesuai denga aaturan dalam syariah islam.

Jadi properti syariah ini adalah skema kepemilikan hunian atau rumah dengan menggunakan akad yang sesuai dengan aturan dalam syariah islam. Dalam hal ini perumahan yang hanya dikhususkan untuk pihak muslim dengan bentuk perumahan yang ada tempat tempat islami. Misalnya masjid, tempat mengaji untuk anak anak ataupun orang dewasa.

Berikut Ciri Ciri Properti syariah :

Dalam kondisi seperti ini properti syariah lebih menekankan pada skema kepemilikannya. Ada 3 poin utama yang membedakan properti syariah dengan properti konvensional antaranya adalah dari segi aspek serta skema bisnis.

Pertama, Adanya akad jual beli

Didalam properti syariah, konsumen atau buyer bisa langsung membeli atau memesan rumah atau tanah pada ihak develiper atau tanpa perantara ada pihak ketiga seperti bank untuk menjadi perantara. dan skema kepemilikan properti konensional biasanya akan terdapat pihak ketiga yaitu bank konvensional.dengn demikian, bisa disimpulkan bahwa kepemilikan properti/perumahan syariah adalah murni transaksi bisnis jual beli, baik secara cash ataupun kredit.

Yang Kedua, Skema bisnis sesuai dengan syariat islam

Instrumen atau alat yang digunakan oleh pengembang atau developer properti syariah dikenal dengan sebutan ” isthisna’ ” adalah skema pesan bangun. jadi ketika kita ingin memiliki hunian diperumahan syariah maka anda harus memesannya terebih dahulu dan melakukan prosedur transaksi pembayaran dalam bentuk kredit atau cash, baru kemudian deeloper akan melakukan pembangunan. dalam menjalankan pembangunan, developer tidak meminta atau melibatkan pihak ketiga untuk menyediakan modal.

Skema bisnis ishtishna ini boleh dalam syariat islam, sama halnya seperti skema bisnis murabahah.

Ketiga, Transaksi murni Jual beli cash ataupun kredit

Dalam skema properti syariah dapat dijelaskan melalui proses transaksi pembelian rumah yang langsung kepada pihak pengembang properti syariah.
Harga jual tetap dan tidak berubah ubah sejak awal akad, Ketika melakukan akad diawal maka akan disepakati satu harga yang dipilih oleh pihak pengembang atau developer dan juga konsumen. hal hal yag ada dalam proses akad menakup uang tunai, maupun cicilan. Disisi lain itu juga dicantumkan mengenai jangka waktu cicilan yang bervariasi.

Keuntungan dan kelebihan dalam properti syariah

Keuntungan dari properti syariah yang akan anda dapat dari developer pproperti syariah adalah kemudahan dalam transaksi dan keadilan. pihak developer tidak akan menyita properti anda ketika saat anda tidak mampu melunasi atau mengangsur cicilan dalam pembelin rumah atau tanah karena hal tersebut termasuk dalam akad bathil. pihak developer akan menari solusi bagi anda untuk kebaikan kedua belah pihak.

Baca juga : Apa itu Developer

Salah satu solusinya yaitu meminta pembeli untuk membantu proses penjualan rumah, dalam artian konsumen harus menjadi agen properti syariah unutk mendapatkan fee dan selanjutnya hasil dari marketing fee ini dapat digunakan untuk membayar cicilan.

Jadi terjawab sudah apa itu properti syariah. Keuntungan dari properti syariah dapat disimpulkan antaranya yaitu tanpa riba, tanpa denda, tanpa bank serta tanpa sita. didalam melakukan transaksi properti syariah ini, pembeli secara langsung dapat bertransaksi dengan developer.

Nah sebagai salah satu contoh usaha dibidang properti syariah di solo raya ini adalah properti syariah www.ktinpremium.com . usaha ini telah berhasil menjual kavling syariah sebnyak 85 kavling dalam waktu kurang lebih selama 3bulan. disisi lain usaha ktinpremium ini juga mempunyai properti di bidang perumahan islami syariah serta kavling syariah atsiri yang terletak di jati kuwung gondang rejo karang anyar.

Karena kepercayan yang sangat tinggi oleh para pembeli atau buyer terhadap developer ktinpremium , sehingga dalam waktu 1 buan mampu menjual kavling sebanyak 35 unit dari total 81 unit.

Segera miliki kavling syariah siap bangun milik ktinpremium ini.