2 Perbedaan Accounting dan Finance Dalam Perusahaan

0
95
Perbedaan Accounting dan Finance Dalam Perusahaan

Mari kita bahas apa Perbedaan Accounting dan Finance dalam perusahaan itu!!

Accounting atau dalam bahasa indonesianya adalah akuntansi, sangat penting untuk sebuah perusahaan. untuk mengetahui keuangan profitabiltas dan bisnis yang terus menerus.

Tanpa akuntansi atau Accounting, pemilik bisnis tidak akan tahu uang itu keluar atau masuk atau juga untuk merencanakan masa deapan sebuah perusahaan.

Sikap yang diambil oleh seorang akuntan profesional dai pemegang buku besertifikat (CPA) memonitor status keungan perusahaan dan memberikan laporan dan proyeksi yang mempengaruhi keputusan organisasi.

Apa yang dilakukan seorang akuntan ??

Walaupun akuntansi mengikuti prinsip yang sama dan aturan pembukuan maka akuntan dapat merancang sebuah sistem yang akan menangkap semua rincian yang dibutuhkan untuk memnuhi kebutuhan bisnis manajerial, pelaporan keuangan, proyeksi, analisis dan pelaporan pajak.

Akuntansi ini berfokus pada penyajian informasi keuangan perusahaan dalam cara yang diperlukan untuk orang orang diluar perusahaan.

Pada saat ini tugas akuntan dipermudah dengan ada banyaknya perushaan modern yang melek akan tekhnologi yang telah menggunakan software akuntansi.

Perangkat ini membuat organisasi tidak perlu susah susah menyiapkan datanya ketika akuntan melakukan audit berkala. apalagi akhir akhir ini banyak developer software akntansi yang menerapkan sistem cloud. Jadi akuntan lebih mudah mengawasi bsinis dari mana dan kapan saja.

Tujuan khusus dari laporan keuangan in adalah untuk menyajikan laporan posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar.

Sementara itu tujuan umum laporan keuangan antara lain :

  1. Meberikan informasi yang terpercaya tetnatng sumber sumber kekayaaan bersih yang berasal dari kegiatan usha mencari laba atau untung.
  2. Memberikan informasi yang terpercaya tentang sumber – sumber ekonomi dan kewajiban perusahaan.
  3. Memberikan informasi yang mdiperlukan tentang perubahan harta atau kekayaan dan kewajiban.
  4. Mengungkapkan informasi yang relevan lainnya yang dibutuhkan para pemakai laporan.

Adapun tujuan kualitatif antara lain :

  1. Dapat dimengerti
    Informasi yang dipilih akan disajikan bukan saja yang penting akan tetapi juga harus informasi yang dimengerti para pemakai.
  2. Relevan
    Memilih informasi yang benar benar sesuai dengan apa yang dapat membantu pemakai aporan untuk mengambil sebuah keputusan.
  3. Netral
    Laporan keuangan itu harus benar benar netral terhadap pihak pihak yang berkepentigan. Informasi yang dimaksud adalah untuk pihak pihak umum bukan pihak pihak tertentu saja.
  4. Daya uji
    Hasil akuntansi harus dapat diperiksa oleh piha lan yang akan menghailkan pendpaat yang sama..

Nah disini ada beberapa perbedaan tugas antar Accounting dan Finance di dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan kita tentu mengenal istilah tentang accounting dan finance. Yang mana keduanya sering dianggap sama lantaran berada pada diisi yang sama yaitu pada divisi keuangan.

Dan ternyata Accounting dan Finance itu sebenarnya jelas berbeda. walaupun keduanya sama – sama mengurus keuangan, akan tetapi masing – masing dari mereka memiliki tugas spesifik yang berbeda.

Apa saja perbedaan itu..?
berikut perbedaan Accounting dan Finance :

Perbedaan Accounting dan Finance Dalam Perusahaan
Accounting dan Finance Dalam Perusahaan

Tugas Accounting

Walaupun mengatur keuangan perusahaan, akan tetapi pada bagian akuntansi tidak bersinggungan langsung dengan uang itu sendiri. Accounting hanya bertugas untuk memproses dan mengelola laoran keuangan dan mencatat transaksi dari bisnis. setelah melakukan pencatatan, akuntan harus melakukan otorisai disetiap divisi terkait.

Selain itu, bagian accounting juga memiliki tanggung jawab pada urusan pajak. selain itu juga akuntan bertanggung jawab pada pengelolaan data keuangan perusahaan untuk memenuhi tujuan kualitatif perhitungan perpjakan. akuntan juga harus bisa memberi saran perencanaan finansial pada masa depan yang berdampak terhadapa pajak perusahaan.

Tugas accounting tidak bersentuhan langsung dengan uang, maka dari itu bagian finance langsung bersentuhan dengan uang perusahaan itu sendiri. Finance akan lebih fokus dalam tugas dan tanggung jawab pencarian, pengelolaan, pengalokasisan dana, dan melakukan pembayaran diperusahaan.

Disislain, bagian finance juga beranggung jawab untuk mengatur kebutuhan uangkas pada perusahaan dan memastikannya sesuai dengan pencatatan yang sudah dilakukan oleh bagian accounting. yang artinya seorang finance berhak untuk memegang uang perusahaan, juga termasuk untuk menerima dan mengeluarkan uang tersebut baik yang ada pada kas, deposito, bank, serta investasi.

Baik accounting dan finance memegang peranan penting dalam perusahaan. seorang finance memiliki otoritas untuk memegang, menerima, dan mengeluarkan uang.

Sedangkan seorang akuntan bertugas dalam hal pencatatan, pemeriksaan, dan pelaporan uang perusahaan.

Demikian tadi perbedaan accounting dan finance. Semoga bermanfaat

Baca Juga :
Merasa keuangan Anda Boros di 2019 Ini? Yuk Atur Keuangan Sekarang!
6 Perbedaan Ekonomi Syariah dan Ekonomi Konvensional