Revolusi Industri 4.0, Jokowi Ingin Ada Terobosan

0
96
Revolusi Industri 4.0 di Indonesia
Revolusi Industri 4.0 di Indonesia

Revolusi industri 4.0, Jokowi ingin ada penerapan terobosan.

Perkembangan tekhnologi informasi yang semakin maju telah melanda masyarakat dalam wujud plat form, seperti halnya smartphone, tekhnologi informasi yang berbasis analytic dan cloud.

Sama halnya dalam setiap revolusi industri pada sebelumnya,yang selalu ada peluang serta juga ancaman. Ditingkat perseorangan kemampuan atau skill individu yang dibutuhkan untuk menguasai suatu tekhnologi informasi ialah kemampuan logika serta bahasa.

Didalam dunia bisnis terutama relasi atau hubungan internasional, tekhnologi informasi mempunyai peran yang sangat penting.

Kesalahan atau pun kegagalan melakukan tindak lanjut, koordinasi, dalam menepati jadwal penyerahan barang (delivery) dapat mengakibatkan suatu perusahaan terpelanting dari jaringan distribusi/produksi internasional.

Revolusi Industri 4.0

Akhir-akhir ini keterlibatan indonesia dalam jaringan produksi internasional mengalami peningkatan yang lumayan baik. Bagi Indonesia, tak ada jalan lain keculali memperbaiki kelemahan di dalam pendidikan dasar ini dengan kurikulum yang dapat mengembangkan kreativitas, logika serta bahasa.

menarik untuk dibaca, kunjungi di sini : https://www.ktinpremium.com/

Dengan perbaikan talenta dasar seperti itu tidak ada jaminan bahwa semua pekerjaan akan dapat dipertahankan. moderenisasi digital akan menghilangkan beberapa jenis pekerjaan, seperti kasir, pemasar jarak jauh atau seperti auditor berubah menjadi analisis.

Industri 4.0 ini mengambil metode yang disebut sebagai headline matching. pendekatan seperti ini mencoba mencari pola tingkah laku manusia dari mulai pemilik modal, konsumen hingga kepala negara.

Dalam world economic forum th 2018, menyebutkan bahwa didalam kesiapan menghadapi industri 4.0 dari segi struktur produksi, negara Thailand yang dianggap sudah siap.

Sementara Indonesia dan vietnam masih agak tertinggal karena dikategorikan sebagai nascent contries pada driver and structure of production. Artinya sudah mulai melihatkan eksistensinya dan mempunyai potensi yang besar, tetapi perlu bekerja yang lebih keras lagi.

Revolusi Industri 4.0, Jokowi ingin ada penerpan terobosan

Dalam mengahadapi revolusi industri 4.0, indonesia tak hanya tinggal diam saja atau menjadi penonton. Presiden Joko Widodo didampingi wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas di kantor presiden di jakarta.

Presiden jokowi menggelar rapat terbatas terkait percepatan peta jalan penerapan industri 4.0 dikantor presiden. Sama seperti rapat terbatas yang pada umumnya, presiden Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri yang terkait seperti menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menperin Airlangga Hartato serta Menteri BUMN Rini Soemarno.

Presiden Jokowi menekankan penerapan industri yang sudah diluncurkan di tahun 2018 lalu seharusnya mampu menghadpi perubahan perubahan global yang setiap waktu selalu ada perubahan yang sangat cepat.

baca juga :https://www.ktinpremium.id/khasiat daun pepaya

Revolusi Industri 4.0, Jokowi ingin ada penerpan terobosan

Presiden Jokowi juga kembali menegaskan agar segera mengimplementasikan langkah langkah yang nyata untuk menghadapi geliat perubahan global yang sangat cepat, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Langkah langkah yang diharap oleh Jokowi yakni yang betul betul jelas, terstruktur, terukur dan terintegrasi untuk menuju ke negara yang tangguh dan bermartabat.

Dalam rapat terbatas tersebut, Jokowi juga mengintruksikan agar berani melakukan berbagai langkah langkah terobosan yang dimulai dari perbaikan regulasi yang tidak sinkron, meningkatkan kualitas SDM, membangun ekosistem invoasi industri yang sehat dan baik, peningkatan insentif insentif untuk investasi di bidng tekhnologi, mendesain ulang zona industri, serta perbaikan alur aliran bahan material.

Diantaranya menambah pelabuhan yang strategis, membuat jalan tol yang terhubung satu sama lain, serta meningkatakan fasilitas pelayanan publik.

Dalam terobosan tersebut, Jokowi mengkhususkan pada beberapa industri mulai dari makan minum hingga elketronik agar lebih memberikan keuntungan. Jika aspek tersebut bisa dipenuhi, maka bisa mampu meningkatkan produk domestik bruto yang secara signifikan mendorong peningkatan ekspor dan investasi.

Serta tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan lapangan pekerjaan yang baru yang bisa menampung lebih banyak lagi tenaga – tenaga kerja di negara kita.

Itulah tadi beberapa pesan dari presiden joko widodo untuk menerapkan langkah-langkah yang tepat dalam mengantisipasi revolusi industri 4.0.

Mari kita dukung program pemerintah untuk memajukan negeri ini. Kalau pun ada kekurangngan dari pemerintah kritiklah dengan jalur yang benar. Jangan ada anarkis di negeri ini..