Situasi bisnis Properti di tahun 2019

0
44
situasi bisnis properti di 2019

Situasi bisnis Properti di tahun 2019

Pengertian Bisnis Properti merupakan jenis usaha yang secara langsung ataupun tak langsung berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak. Masyarakat sangat membutuhkan produk properti untuk memenuhi kebutuhan.

Pemerintah berkepentingan memajukan bisnis ini karena menyediakan perumahan rakyat, membuka lapangan pekerjaan, membantu menyediakan perumahan rakyat serta menambah pemasukan dari sektor pajak.

Bisnis properti ini juga memiliki efek berganda sebba ak hanya pengembang konsumen dan kontraktor, akan tetapi bisa menggerakkan sektor lain, seperti industri bahan bangunan, industri alat berat, jasa konsultan, jasa perbankan, jasa kontruksi, jasa tenaga kerja, dan masih banyak lagi yang lain.

Pada tahun 2014 yang menjadi titik pergerakan bisnis yang ada di Indonesia. suhu politik yang cenderung panas di sepanjang tahun sangat berimbas atau memberi efek ter hadapa bisnis properti yang ada di Indonesia. Baik investor dan konsumen menunggu siutasi politik menurun sambil mengatur strategi bisnis kedepannya.

Ketidak stabilan politik dari tahun 2014 sampai 2018 sangat berpengaruh menurunkan minat pasar dunia untuk bermain lahan yang ada di indonesia,meskipun tidak ada peristiwa besar yang mempengaruhi stabilitas keamanan di indonesia. Apabila kita bicara tentang potensi bisnis properti pada tahun 2019, beberapa pakar bisnis meyakini akan ada perbedaan yang signifikan dalam tensi usaha dan persaingan di dalam bisnis properti.

Akhir akhir ini kesadaran masyarakat untuk melihat properti bukan lagi sekedar kepemilikan hunian akan tetapi sebuah unit atau kavling tanah untuk investasi masa depan.

Properti akan meningkat nilai ekonominya setelah beberapa tahun kepemilikan dengan catatan properti selalu dalam perawatan.

Ketika semua instrumen investasi masing – masing pernah menunjukan performa buruk, seperti harga emas yang anjlok pada ahun 2013-2014 serta ketidak stabilan saham sepanjang tahun 2014 maka dari itu banyak para pelaku investasi yang mencari alternatif lain yang lebih rendah resiko dan bebas dari inflasi.

Dan salah satu aset investasi yang masuk kategori ini adalah produk property hipotek. produk properti nyatanya masih sanggup bertahan di harga yang masih menguntungkan dengan progres kenaikan setiap tahunnya relatif stabil meskipun ada gejolak inflasi.

Kenaikan ini juga didukung dengan keberadaan para generasi muda milenial yang sudah mulai melek akan kebutuhan properti. Terutama karena ada banyak relaksasi yang disediakan oleh pemerintah. Perkembangan bisnis properti seperti ini tidak hanya dikota kota besar seperti jakarta dan surabaya, akan tetapi juga sudah menjamur dikota seperti Solo, Yogya dan Purwokerto. justru dikota kota seper inilah harga tetap relatif stabil.

Perlu diketahui bahwa pemain properti di kawasan-kawasan ini adalah pebisnis properti lokal. Mereka bermain dengan modal relatif lebih kecil, konsep properti untuk kelas menengah kebawah dan lengkap dengan beragam fasilitas kemudahan pembayaran lain.

Bahkan melihat signal kenaikan properti pada tahun 2019 ini sudah terlihat sejak akhir tahun 2018, walaupun kenaikan yang dirasakan belum begitu signifikan. Akan tetapi ini menjadi signal yang baik buat kedepannya.

Perlu diketahui bahwa PT Bank Tabungan Negara (BTN) berhasil mencatat pertumbuhan kredit pada kuaartal III tahun 2018 di angka 19,28% menjadi Rp. 220,07 Trilyun. angka tesebut meningkat ketimbang pada tahun 2017 pada kuartal III yang hana sebesar Rp. 184,5 Trilyun.

Sejauh ini pertumbuhan paling terasa diidorong oleh kenaikan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) subsidi yang dilakukan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) melalui kucuran fasilitas Likuiditas Pembinaan Perumahan (FLPP).

Salah satu catatan ditemukan bahwa Indonesia sepanjang 3 sampai dengan 4 tahun ini sudah mengalami pertumbuhan pada kalangan menengah yang jelas sebuah pasar untuk anda.

Pertumbuhan ini tidak terkait dengan masalah makro yang tidak stabil sehingga cenderung aman untuk anda masuki.

Nah jika anda tertarik untuk mencoba terjun pada bisnis properti di tahun 2019 ini rasanya ide ini bisa enjadi ide besar untuk anda. Karena proges baik untuk bisnis di tahun 2019 sebagai alternatif investasi yang lebih aman.

Berbisnislah dengan baik jujur agar kelak masa depan bisnismu mendapat kepercayaan yang tinggi dari konsumen.

Baca Juga Artikel lainnya : Peluang bisnis di 2019