Yuk Simak Tips Beli Tanah di Tahun 2019 Ini!

0
114
Tips Beli tanah di 2019
Tips Beli tanah di 2019

Tips Beli Tanah – Saat ini, kebutuhan manusia terhadap tanah menjadi suatu hal yang kian mendesak. Tidak hanya karena jumlahnya yang terus berkurang. Namun juga karena jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga membuat tanah semakin sulit didapatkan.

Tanah kavling merupakan beberapa bidang tanah dalam suatu kawasan yang sengaja sertifikatnya di pecah menjadi beberapa baik oleh perorangan maupun badan usaha yang sah.

Tips Beli tanah di 2019
Source : www.google.com

Anda memiliki niat untuk membeli tanah kavling untuk tujuan investasi atau dipakai sendiri? Sebelum Anda membelinya, sebaiknya Anda menyimak tips ini!

Beberapa tips beli tanah kavling berikut ini :

Pertama, Cek Sertifikat Tanah

Saat pertama kali akan membeli tanah cek dulu apakah sertifikat tanah masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB) atau sudah berupa Sertifikat Hak Milik (SHM). Jika masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB), tanyakan lah pada pihak developer atau penjual, siapa yang akan menanggung biaya peningkatan hak menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Cek juga Pemilik Shm / Pemegang Hak

Membeli tanah tanpa tahu siapa pemilik atau pemegang hak bisa menjadi kesalahan yang sangat fatal dalam membeli tanah. Karena akan sangat riskan tertipu dan menyesal dikemudian hari.

Untuk itu sebaiknya pastikan penjual memegang hak atas tanah tersebut, dan anda dapat meminta kepada penjual menunjukan sertifikat asli maupun copy-annya serta telitilah ketika anda melihat sertifikat tersebut.

Tidak lupa untuk meminta penjual menunjukan kartu identitasnya ( KTP ) apakah nama dalam sertifikat tersebut sesuai dengan kartu identitasnya

Cek ke Bank Pemberi Kredit

Alangkah baiknya anda mempertanyakan kepada bank pemberi kredit. Apakah tanah kavling tersebut bisa di beli dengan cara kredit. Untuk mengetahui dan menguji bahwa surat-surat tersebut lengkap dan resmi.

Dikarenakan proses kredit bank akan disetujui apabila surat-surat tersebut telah lengkap atau terpenuhi

Selanjutnya, Periksa Batas Tanah Kavling

Periksalah batas tanah kavling yang ingin anda beli. Bisa saja batas tanah yang dijelaskan pihak penjual ternyata berbeda dengan yang ada di sertifikat. Mengapa hal ini perlu dan harus dilakukan? Karena akan jadi masalah jika ternyata batas tanah yang tertulis dalam sertifikat berbeda dengan yang ada dari penjual.

Kemudian, Cari Tahu Asal Usul Tanah.

Jangan membeli tanah kavling yang bekas kuburan, bekas tempat sampah. Namun cari yang baik seperti bekas kebun, sawah. Jika area tersebut sudah diratakan Anda bisa mencari informasi asal usulnya di Kelurahan atau Kecamatan setempat.

Tips Beli Tanah Selanjutnya adalah Periksa Akses Jalan.

Selalu Periksa akses jalan, sebab akses jalan selalu menjadi kebutuhan dimanapun tanah kavling akan dibeli. Pilihlah akses jalan yang bisa di lalui 2 mobil dua arus

Kemudian, Perkembangan Jalan.

Anda sebaiknya harus pintar-pintar melihat perkembangan lingkungan sekitar tanah kavling, terutama kiri dan kanan yang akan menjadi tetangga nantinya.

Tips Selanjutnya, Antisipasi Bahaya Sekitar.

Hindarilah membeli tanah kavling dekat jalur listrik yang memiliki tegangan tinggi, dekat jalur rel kereta, dekat jalur pipa gas, berada di area bandara dan di tepi sungai. Anstisipasi juga agar tidak tergusur oleh pembangunan fasilitas umum.

Tips beli tanah selanjutnya, Sesuaikan Budget atau kemampuan Anda.

Sesuaikan budget atau kemampuan finansial anda. Perkirakan berapa lama anda kredit, jangan sampai ketika anda salah dalam mengestimasi perkiraan jangka waktu kredit anda menjadi terhenti ditengah jalan. Hal ini akan membuat rumit finansial anda kedepan.

Dalam membeli rumah, tanah atau properti lainnya dengan cara kredit memiliki suatu kekurangan dan kelebihan.

Kekurangan
Akan berdampak pada finansial seperti administasi bank, dan angsuran akan jauh melambung tinggi.

Keuntungan
Jika anda adalah orang awam atau baru pertama kalo apabila pembelian dilakukan dengan cari kredit sudah dipastikan bahwa properti tersebut adalah legal. Disini untuk menghindari ketidak tahuan anda.

Nah itu dia beberapa tips dari kami untuk anda yang ingin membeli tanah di tahun 2019 ini. Semoga tips ini bisa berguna dan efektif untuk anda. Selamat mencoba dan Terimakasih telah membaca. 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya :