Tips Ampuh Investasi Syariah

Zaman sekarang metode syariah sangat banyak. Berawal dari bank yang berkonsep syariah, hingga investasi syariah. Investasi syariah menjadi solusi masyarakat untuk menyimpan hartanya dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Sebelum anda melakukan investasi, sebaiknya anda mempelajari lebih lanjut mengenai investasi syariah. Anda bisa mengetahui lebuh lanjut mengenai Investasi.

Prinsip dalam investasi syariah harus anda ketahui yaitu :

1. Halal

Halal disini diartikan bahawa tidak adanya barang yang mengandung unsur haram seperti babi, alkohol dll. investor dilarang menginvestasikan uangnya di instrumen keuangan yang mengandung riba, judi, dan swap.

2. Ber Manfaat

Prinsip dalam inevestasi syariah ini berguna untuk melihat hasil persentase keuntungan untuk investor dan pengelola dana yang ada di instrumen keuangan.

3. Bebas Riba

Investor akan merasa aman untuk berinvestasi di instrumen keuangan yang berbasis syariah. Jadi anda tidak perlu khawatir akan adanya bunga dari hasil keuntungan berinvestasi.

4. Adil

Dalam pembagiaan suatu keuntungan investasi syariah harus bersikap adil di antara kedua belah pihak, tanpa adanya pihak yang diuntungkan maupun yang dirugikan oleh investor dan pengelolah dana.

Sebelum masuk ke tips berinvestasi syariah berikut ini ada beberapa keuntungan dalam investasi syariah :

Bebas Riba

Alasan utama umat Muslim memilih investasi Syariah yaitu karena bebas riba. Praktik riba berhubungan dengan bunga yang ditetapkan sepihak oleh Bank kepada nasabahnya. Bank Syariah menerapkan sistem bagi hasil atau nisbah.

Di Dalam sistem ini, pemegang saham tidak hanya akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan untung . Tetapi juga mempunyai risiko yang sama jika perusahaan atau perseroan mengalami kerugian.

Baca juga Macam-Macam Riba Dan Hukumnya Menurut Islam

Bebas Gharar

Bank Syariah menerapkan suatu sistem yang terbuka, baik saat penanaman maupun penyaluran dana. Nasabah tidak akan diberatkan dengan hal yang tidak diketahui. Nasabah dapat melihat modal yang ditanamkannya secara terbuka.

Bebas Maysir

Nasabah terbebas dari adanya spekulasi. Sejak awal Bank Syariah menjelaskan mengenai harga. Hal ini untuk mencegah adanya celah bagi oknum penipuan.

Manajemen Keuangan Secara Islami

Semua proses keuangan dalam Bank Syariah berlandaskan syariat Islam. Sehingga para nasabah merasa lebih aman menitipkan uangnya di Bank.

Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk investasi. Inilah tips ampuh yang perlu dilakukan saat berinvestasi syariah.

Pertama, kenali Jenis Investasi yang Diinginkan

investasi syariah
MARI BER INVESTASI UNTUK MASA DEPAN

Pilihlah jenis investasi yang ingin dan cocok dengan Anda. Berikut ini beberapa jenis investasi yang sesuai dengan syariah islam :

a. Investasi Tanah atau Bangunan
Nilai jual tanah tahun ketahun mengalami peningkatan karena minimnya lahan. Investasi ini bisa dilakukan dengan Anda melakuakan jual tanah ataupun menyewakan tanah.

b. Investasi Emas
Emas selalu memiliki nilai jual yang bertambah tinggi. Biasanya kurang lebih 5 tahun Anda mendapatkan keuntungan 15 persen hingga 20 persen. Investasi emas ini sangat jarang mengalami kerugian.

c. Deposito Bagi Hasil
Anda dapat mendepositokan uang Anda ke bank-bank syariah. Investasi deposito syariah tidak mematok keuntungan yang Anda dapatkan. Uang yang Anda investasikan dapat diambil 5 sampai 10 tahun setelah kesepakatan.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa keuntungan yang didapatkan berdasarkan kesepakatan bagi hasil bersama.

d. Reksadana Syariah
Investasi reksadana syariah menganut prinsip pengelolaan uang investor. Sistemnya hampir mirip dengan menaruh saham pada perusahaan tertentu. Modal yang dimaksudkan yaitu bisa dalam bentuk obligasi, saham dan lain sebagainya.

Reksadana syariah akan mengelola uang investasi Anda dengan sangat transparasi . Investasi reksadana akan dilaksanakan oleh manajer investasi. Namun prosesnya tidak berkaitan dengan masyir, riba dan ghahar.

e. Asuransi Syariah
Jika asuransi konvensional dana premis yang dibayarkan akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya. Maka asuransi syariah dana premis tetap menjadi hak milik Anda. Jadi sistem asuransi ini selain halal juga dapat menguntungkan.

Kedua, Rencanakan Semuanya

Tentukan tujuan terlebih dahulu karena dalam memulai sesuatu itu sangat penting. Selain itu, salah satu hal penting yang harus direncanakan adalah jangka waktu. Penting untuk direncanakan sejak awal berapa lama Anda menanamkan modal.

Ketiga, Pastikan dan Pahami Investasi Bebas dari Praktik yang Tidak Sesuai Islam.

Langkah berikutnya yaitu mengecek ketepatan informasi perusahaan investasi tersebut. Pastikan investasi tersebut terbebas dari praktik-praktik yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Keempat, Lakukanlah Investasi

Setelah memahami daftar yang ingin anda investasi, saatnya Anda mulai bertindak.

Jika memang berniat menginvestasikannya. Datangi perusahaan/bank syariah atau tempat lainnya. Yang penting sesuai dengan jenis investasi yang ingin Anda lakukan dan terpercaya .

Pastikan perusahaan sekuritas tersebut diakui OJK. Lakukan Pemeriksaan Dokumen Perizinan Lembaga Atau Perusahaan Investasi.

Investasi syariah yang dipilih harus mengacu pada karakteristik masing-masing pemilik modal. Setiap investasi memiliki risiko sendiri – sendiri dan harus dipahami sejak awal.

Dalam melaksanakan suatu investasi secara syariah, seseorang harus bisa memaksimalkan potensi imbal hasil beserta dengan diversifikasinya.

Selain itu jangan lupa bangun portofolio investasi yang melibatkan perencana keuangan yang profesional handal dan berpengalaman.

Paling penting adalah Anda rajin update Info perkembangan investasi syariah. Sehingga Anda mahir dalam merencanakan investasi untuk tujuan keuangan Anda.

Itulah beberapa tips dan penjelasan mengenai investasi syariah yang paling menguntungkan dan yang pasti tetap halal bagi kaum muslim.

Baca Juga : 30 Bahaya Riba Yang Sangat Harus Anda Ketahui