Desa Sobayan Manfaatkan Lahan Kosong dgn Tanaman Obat

0
162
Tanam Tanaman Obat, Warga Desa Sobayan Manfaatkan Lahan Kosong 2019

Sejak zaman dahulu secara turun temurun tanaman obat sudah sering kali dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit, dan juga dapat dijadikan sebagai obat untuk keluarga.

Khususnya di Indonesia tanaman obat keluarga (TOGA) yang lebih dikenal dengan apotik hidup ini merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam pada area di sekeliling rumah. misalnya dalam pot, polybak atau bisa ditanam dikebun yang berukuran kecil.

Manfaatkan lahan kosong warga desa Sobayan tanam tanaman obat.

Tanam Tanaman Obat, Warga Desa Sobayan Manfaatkan Lahan Kosong 2019
penyiraman tanaman obat

Sebuah rumah akan tampak terlihat asri apabila ditanami banyak tumbuhan baik di bagian pekarangan maupun dalam ruangan. tanaman herbal atau tanaman obat keluarga ini sangat beragam jenisnya. Manfaat dari tanaman herbal keluarga ini sangat banyak, dari mulai menyembuhkan penyakit masuk angin,flu, hingga penyakit serius lainnya.

lebih menarik lagi klik : https://www.ktinpremium.com/

Seiring berjalannya waktu , dimana harga obat obatan kimia yang semakin hari semakin mahal untuk dibeli, masyarakat terdorong untuk menanam serta memanfaatkan obat obatan tradisional yang bisa dikatakan bebas dari komponen komponen kimia yang memungkinkan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini mendorong masyarakat untuk menggunakan tanaman herbal, contohnya warga dukuh Sobayan RT 17 Kateguhan Sawit Boyolali ini. Warga masyarakat dukuh Sobayan ini bergotong royong membersihkan lahan lahan kosong yang ada disekitar rumah mereka, setelah membersihkan lahan kosong yang ada disekitar rumah, warga dukuh Sobayan dari anak kecil, pemuda pemudi Kridha Muda sobayan, bapak bapak serta ibu ibu PKK ini pun bergotong royong menanam tanaman obat keluarga (TOGA).

Tanam Tanaman Obat, Warga Desa Sobayan Manfaatkan Lahan Kosong 2019
kunjungan tim penilai ASMANTOGA

Mereka berkeliling kampung membersihkan lahan serta menanam tanaman obat di lahan pekarangan rumah secara bergotong royong.

Adapun tanaman yang mereka tanam antara lain kunyit, kencur, jahe, kumis kucing,mahkota dewa, serta masih banyak lagi tanaman yang mereka tanam.

Kegiatan ini didukung juga oleh pihak dari pemerintah desa Kateguhan serta mengikut sertakan warga dukuh Sobayan ini untuk maju dalam Lomba ASMANTOGA (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga).

Dari lomba tersebut ibu-ibu pkk serta dibantu pemuda pemuda warga dukuh Sobayan berhasil menciptakan inovasi olahan yang berasal dari tanaman obat tersebut antara lain : Eskrim Jahe, Kripik Daun kelor, Kripuk daun jambu, Puding bekatul serta Jamu Seger waras yang berasal dari tanaman tersebut.

baca juga : https://www.ktinpremium.id/manfaat-tanaman-binahong/

Hal ini mengantarkan desa Sobayan menjadi juara ditingkatan kecamatan dan berhakmaju di tingkat kabupaten. Setelah mendapat juara, hal itu mendongkarak kesadaran masyarakat khususnya didesa Sobayan untuk menanam tanaman obat serta untuk saling hidup bersih agar masyarakat bisa hidup dengan aman nyaman serta sehat jasmani dan rohani.

Ada pun manfaat dari tumbuhan herbal atau tanaman obat keluarga antara lain :

Jahe

Tanaman ini sangat terkenal para pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin.
Manfaat : bisa menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mngatasi sakit kepala, masuk angin, serta mabuk darat.

Kunyit

Tanaman ni biasanya digunakan sebagai bumbu masakan.
Manfaat : pencegah kanker, anti mikroba, mengatasi penyakit maag, menurunkan kolestrol, anti oksidan,mengatasi rasa mual.

Kencur

Tanaman ini biasanya juga sebagai bumbu masakan di dapur.
Manfaat : memperlancar haid, mengatasi batuk, dan anti peradangan lambung.

Temulawak.

Zat yang aktif pada tanaman ini terbukti berkhasiat untuk mengobati anti peradangan seperi keracunan empedu dan hepatitis B.
Manfaat : Memperlambat penyebaran virus hepatitis dan mengobati.

Lengkuas.

Tahukah anda bahwa lengkuas ini memiliki zat aktif yang bernama galangol, methyl-cinnamae, sineol, serta masih banyak lagi.
Manfaat : melancarkan peredaran darah, membuang toxin dan radikal bebas pada tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik.

Sirih.

Tanaman yang biasanya nyireh yang ffungsinya ialah memperkuat enamel gigi serta membunuh bakteri yang aktif pada mulut.
Manfaat : mengatasi mimisan, sakit gusi, gusi bengkak, menghilangkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan yang tidak teratur sariawan serta obat kumur alami.

Dan masih ada ratusan bahkan ribuan tanaman obat yang tumbuh subur di negeri ini. Manfaatkan lingkungan sekitar anda untuk dijadikan apotik hidup. Dan mulailah hidup sehat serta gunakan tanaman herbal agar tubuh anda tidak ketergantungan terhadap obat kimia.

Jangan lupa buang sampah pada tempatnya..

Baca Juga Artikel lainnya :