Merasa keuangan Anda Boros? Yuk Atur Keuangan sekarang!
Tips mengatur keuangan di 2019 cara mengatur keuangan di 2019

Merasa keuangan Anda Boros? Yuk Atur Keuangan sekarang!

Pernah nggak sih merasa kalau keuangan terasa sangat boros ? Terus mengingat-ingat “Beli apa aja selama ini? Baru beberapa hari/bulan kok uang tersisa sedikit aja!”

Jika Anda sering merasa boros seperti diatas, maka artikel ini cocok untuk Anda. Tips ini bisa Anda praktikkan langsung loh!

Berapapun gaji yang Anda dapatkan, kalau nggak diatur dengan tepat dan cermat, Anda tetap saja bisa sekarat di pertengahan bulan sampai ke akhir bulan.

Nah.. Berikut ini Tips-tips mengatur keuangan Anda di bawah ini bisa dicoba.

#1 Membuat Anggaran Keuangan

Merasa keuangan Anda Boros? Yuk Atur Keuangan sekarang!
Membuat Anggaran Keuangan
Source : www.google.com

Pisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan Anda. Jangan sampai Anda hanya menuruti keinginan tanpa memperhatikan kebutuhan.

Sejak sebulan sebelumnya, rencanakan apa yang harus Anda beli untuk kebutuhan Anda beli untuk bulan depannya. Jangan tergoda pada hal-hal yang tidak perlu.

Jika Anda ingin membeli hal-hal lain yang belum terlalu perlu, tunda hingaa gaji bulan berikutnya. Prioritaskan apa yang anda butuhkan!

Setelah gajian, pisahkan uang menjadi 2 bagian : untuk 2 minggu pertama dan untuk 2 minggu kedua.

Membuat anggaran keuangan seperti ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya :

  • Agar terhindar dari utang;
  • Agar terhindar dari biaya tak terduga;
  • Agar bisa mendapatkan penilaian kredit dari bank yang baik;
  • Agar bisa memudahkan untuk mendapatkan KPR ataupun kredit motor;
  • Agar bisa tahu apakah keuangan Anda dalam posisi baik untuk liburan, hiburan, ataupun yang lainnya;

#2 Membuat/ Menyusun Catatan Keuangan

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah membuat catatan keuangan Anda. Membuat catatan keuangan hanya cukup dengan mencatat pengeluaran sehari-hari dan mencatat pemasukan yang Anda miliki. Karena di akhir bulan akan dievaluasi apakah pengeluaran lebih besar dari pemasukan atau tidak.

Tujuan dari pembuatan catatan keuangan ini adalah untuk mendapatkan semua pengeluaran (baik tetap ataupun tidak tetap) yang terhitung untuk mendapatkan jumlah pengeluaran.

#3 Cek Apakah Anda Memiliki Hutang/Pinjaman ataupun Keduanya!

Jika Anda memliki hutang/pinjaman, sebaiknya Anda lunasi terlebih dahulu. Dan sebaiknya Anda melunasi utang yang memiliki bunga paling tinggi. Jika Anda memiliki utang kartu kredit, Anda bisa membayar yang paling minimum dari perjanjian kredit yang sudah disetujui sebelumnya. Jangan sampai ada tagihan yang terlupakan.

lagi-lagi bijaklah terhadap keinginan Anda meskipun itu hal yang wajar. Sebelum Anda membeli ini-itu yang Anda inginkan, ingat-ingatlah terlebih dahulu apakah Anda masih memiliki tanggungan dan tagihan yang harus dibayarkan.

Jangan sampai tiba-tiba ada tagihan yang harus Anda bayar segera. Kalau sudah terjadi seperti ini, Anda harus merogoh kocek dari anggaran kebutuhan lainnya kan? Wajar saja kalau ujung-ujungnya keuangan Anda akan seret padahal masih di pertengahan bulan.

Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa melunasi utang lainnya dengan lebih mudah, dan Anda bisa mengatur keuangan Anda lainnya.

#4 Jangan Lupa Menabung!

Merasa keuangan Anda Boros? Yuk Atur Keuangan sekarang!
Jangan Lupa Menabung!

langkah selanjutnya untuk mengatur keuangan anda yaitu dengan menabung. Mengapa harus menabung ? Anda sebaiknya harus menabung sebagai dana darurat Anda dan sebagai simpanan jika Anda pensiun nantinya.

Selain tabungan, sebaiknya Anda tidak mengabaikan yang namanya Dana darurat. Mengapa harus menabung untuk dana darurat? Dana darurat sering dilupakan oleh banyak orang, karena berpikir bahawa orang tersebut tidak sakit ataupun dalam keadaan susah.

Padahal dalam kehidupan, susah atau senang tidak ada yang tahu kapan datangnya. Jika Anda memiliki dan telah mempersiapkan dana darurat, maka Anda telah memilik sebuah rencana keuangan yang baik untuk kedepannya.

Meski sangat sulit, kamu harus tetap harus berusaha menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat yang tak terduga nantinya.

Itulah empat cara Anda dalam mengurangi boros dan mengatur keuangan Anda. Boros bisa datang dari manapun dalam melakukan perencanaan keuangan. Tidak tahu caranya, hingga bingung harus mulai dari mana dan bisa membuat pemasukan Anda numpang lewat saja diawal bulan.

Anda-lah yang bisa Mengatur dan merencanakan Kehidupan dan Keuangan Anda sendiri.

Mengatur keuangan yang baik memang memerlukan latihan yang terus menerus dan waktu yang tidak singkat. Meskipun pada awalnya, Anda belum terbiasa dengan perencanaan di awal dan tidak membeli barang yang Anda inginkan tetapi Anda belum mampu membayarnya.

Semakin sering Anda tebiasa dengan tips yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjadikan kebiasaan tersebut dalam kehidupan, maka akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan Anda dan kehidupan keuangan Anda semakin lebih baik.

Mulailah untuk merencanakan keuangan Anda dengan baik, maka Anda pun akan bisa memiliki tujuan keuangan yang lebih jelas dan Anda akan bisa memiliki kebebasan keuangan yang di idam-idamkan oleh orang-orang.

Anda memiliki teman atau saudara yang boros terhadap gajinya?

Anda bisa membagikan artikel ini sehingga Anda bisa membantu teman atau saudara Anda yang masih bingung dalam merencanakan keuangannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :